Senin, 31 Maret 2008

Administrasi & Keuangan

Kepengurusan adalah kepengurusan yang dibangun dari oleh untuk dan bagi warganya. Untuk membangun kepengurusan yang kuat dibutuhkan perangkat dan system kepengurusan yang tertata dan dikelola dengan baik, efektif dan efiosien. Oleh karena itu dibutuhkan suatu Adminstrasi Kepengurusan yang baik.

Administrasi Kepengurusan adalah proses evaluasi, perencanaan dan control terhadap sumber daya pengurus yang bersifat materiil dan non-materiil, untuk mencapai tujuan – tujuan tertentu. Adminstrasi kepengurusan merupakan sebuah mekanisme untuk menjalankan / mengoperasikan kepengurusan secara efisien dan sistematis.

Administrasi kepengurusan merupakan sebuah mekanisme yang menggunakan proses demokratis dalam pengambilan keputusan. Proses yang demokratis tersebut mendorong partisipasi seluruh warga. Partisipasi seluruh warga memaksimalkan penggunaan sumber daya dengan baik, dan memastikan implementasi rencana – rencana program kerja pengurus.

Kepengurusan hanya dapat bebas dan mandiri dan dapat secara efektif mewakili kepentingan para warganya ketika mereka mampu membiayai kebutuhannya sendiri (Financial self-supporting). Atau dalam kata lain adalah biaya kepengurusan adalah dari para warganya.

Kepengurusan membuthkan pondasi keuangan yang adekuat untuk pencapaian keberhasilan yang bebas dan mandiri karena :

1. Tidak ada kepengurusan manapun yang bias benar-benar bebas dan mandiri kecuali mereka memiliki pondasi keuangan yang adekuat dan membiayai kebutuhan dan kegiatan pengurus.

2. Pondasi keuangan yang adekuat memungkinkan pengurus untuk :

- Berdiri diatas kedua kakinya sendiri dengan tegak

- Menjalankan fungsinya sebagai kepengurusan yang mandiri.

- Memberikan layanan bagi warganya sebagai hak yang harus diberikan kepada mereka selaku warga.

Sumber dana kepengurusan selain memiliki pondasi keuangan yang adekuat, hendaknya juga merupakan suatu sumber keuangan yang bersifat teratur (regular), yang artinya bahwa pengurus mengetahui uangan yang mereka miliki adalah selalu tersedia dari hari ke hari, dari bulan ke bulan dan dari tahun ke tahun, sehingga menempatkan posisi pengurus untuk melakukan kegiatan dan merencanakan aktifitas berdasarkan anggaran yang dimiliki (activity Based-budget)

Sumber dana kepengurusan haruslah independent yang artinya berasal dari iuran warga ataupun sumbangan dari warga. Sumber dana bias saja berasal dari sumber lainnya atau bantuan tapi tetap memungkinkan kepengurusan untuk menjalankan peran dan fungsinya dengan bebas dan mandiri. Dan sumber lainnya dan bantuan itu bukanlah yang terutama dan menjadi prioritas pendapatan kepengurusan. Untuk mewujudkan kemandirian ekonomi tersebut diharapkan memiliki alat kerja yang memadai, para pengurus yang handal dan berkualitas.

Kepengurusan harus mampu menjadikan bahwa pengurus adalah bagian hidup dari warga, dan ini menjadi tugas kepada para pengurus, apakah mereka mampu dan

Tidak ada komentar: